Jurusan Kedokteran dan Farmasi Menjadi Favorit dan Kompetitif di Kampus Turki

Pafimuaro - Sama halnya dengan di Indonesia, Turki juga memiliki jurusan yang sangat diminati dan kompetitif dalam penerimaan mahasiswa baru di berbagai kampusnya. Jurusan Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi adalah yang paling populer dan kompetitif.

Eslem Özoğlu dari Bahçeşehir University (BAU) menjelaskan bahwa para orang tua di Turki memiliki pandangan bahwa anak-anak mereka harus menjadi dokter. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Turki tetapi juga di seluruh Timur Tengah.

"Karena itu, jurusan yang paling diminati adalah kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi," jelasnya dalam Seminar Times Higher Education (THE) Talk Global Study Fair Jakarta, di Pullman Central Park, Jakarta, pada Minggu (3/3/2024).

Eslem menambahkan bahwa di BAU sendiri, jurusan kedokteran diminati oleh 2.000 pendaftar termasuk mahasiswa internasional. Namun, setiap tahun jurusan tersebut hanya memiliki daya tampung sebanyak 80 mahasiswa.

"Jadi, itulah mengapa jurusan ini sangat sulit untuk ditembus," tambahnya.

Tidak hanya sulit untuk masuk ke jurusan kedokteran, mahasiswa juga menghadapi tantangan besar untuk lulus. Berbeda dengan jurusan lain di BAU yang umumnya memiliki jangka waktu studi 4 tahun untuk program S1, mahasiswa kedokteran harus menempuh waktu 6 tahun dengan pengajaran menggunakan bahasa Inggris.

Bahçeşehir University (BAU) berlokasi di jantung kota İstanbul, Turki. Kampus ini tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian dari jaringan pendidikan BAU Global Educational Network.

Selain di Turki, BAU juga memiliki kampus di negara lain seperti BAU Istanbul, BAU Washington DC, BAU Berlin, BAU Cyprus, dan BAU Georgia. BAU Istanbul sendiri memiliki total 30.000 mahasiswa, 8.000 di antaranya adalah mahasiswa internasional.

"Jadi, satu dari empat mahasiswa adalah mahasiswa internasional dan mereka berasal dari 127 negara," kata Eslem.

Oleh karena itu, bahasa pengantar selama proses belajar adalah bahasa Inggris, kecuali untuk program studi hukum, karena hukum yang diajarkan adalah hukum Turki.

BAU memiliki tujuh kampus yang tersebar di sekitar Istanbul dengan transportasi menarik berupa perahu speed-boat untuk antar-jemput mahasiswa. Hal ini karena sebagian kampus terletak tepat di tepi laut.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, durasi pendidikan untuk jenjang S1 di berbagai program studi mayoritas adalah 4 tahun, kecuali kedokteran yang membutuhkan waktu 6 tahun. Untuk informasi lebih lengkap tentang BAU, detikers bisa mengunjungi laman [https://int.bau.edu.tr/](https://int.bau.edu.tr/).

Alamat

Kecamaten Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Indonesia

Kontak

Email: admin.pafimuaro@gmail.com
Telp: +685828992415